Terapkan Prinsip Keberlanjutan, Krakatau Posco Cetak Sejarah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Perusahaan kerja sama antara PT Krakatau Steel (Persero) Indonesia dan Posco Korea, PT Krakatau Posco, berkomitmen menjalankan usaha berbasis kepedulian lingkungan. Direktur Teknologi dan Pengembangan Bisnis Krakatau Posco Makmun mengatakan Krakatau Posco tak hanya mendukung pertumbuhan ekonomi nasional, tetapi juga menanamkan prinsip keberlanjutan.

“Krakatau Posco juga dinobatkan sebagai industri besi baja di Indonesia yang pertama dan satu satunya berhasil meraih Penghargaan Proper Hijau (beyond compliance) oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK),” ujar Makmun dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (22/12/2023).

Baca Juga

BRI dan PT Freeport Jalin Kerjasama Perjanjian Trade Facility

Indonesia Incar Posisi Jadi Hub Carbon Capture Storage

Kementerian ESDM dan Pertamina Tinjau Langsung Kesiapan Energi Jelang Nataru

Makmun menyebut perusahaan mampu memenuhi sejumlah indikator penilaian Proper Hijau yang mencakup pelaksanaan penilaian daur hidup, efisiensi energi, penurunan emisi, konservasi air dan efisiensi air, 3R Limbah B3 dan Limbah Non B3, perlindungan keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat, dan tanggap kebencanaan. Makmun menilai keberhasilan ini berkat kerja sama seluruh pihak.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata komitmen dan perhatian Krakatau Posco terhadap permasalahan lingkungan hidup serta pengembangan masyarakat. Dengan ini, Krakatau Posco secara konsisten membuktikan peningkatan berkelanjutan dalam pengelolaan lingkungan hidup,” kata Makmun.

Seperti diketahui KLHK kembali menyerahkan penghargaan Proper periode 2022-2023 kepada perusahaan yang meraih penilaian taat dan melebihi taat  dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Penghargaan ini merupakan bentuk evaluasi kinerja yang dilakukan pemerintah kepada penanggung jawab usaha dan atau kegiatan di bidang pengelolaan lingkungan hidup.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika …

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *