Pemantau Pemilu: 290 TPS Tak Ada Alat Bantu Disabilitas Netra Nyoblos Pilpres

Jakarta

Pemantau pemilu yang bergerak di bawah naungan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan sejumlah masalah dalam proses pemungutan suara Pemilu 2024. Dijelaskan, ada 290 TPS yang tidak memiliki alat bantu bagi disabilitas netra untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dan 430 TPS tidak ditemukan alat bantu disabilitas netra bagi pemilihan DPD.

“Tidak ditemukan alat bantu bagi disabilitas netra bagi pemilihan presiden dan wakil presiden sebanyak 290 TPS dan 430 TPS tidak ditemukan alat bantu disabilitas netra bagi pemilihan DPD,” kata Koordinator Pemantau Pemilu, Farid Fathur, dalam konferensi pers di Hotel Aryaduta, Jakarta Pusat pada Kamis (15/2/2024).

Diketahui pemantauan tersebut dilakukan di 1.571 TPS oleh 2.082 pemantau yang tersebar di 156 kabupaten/kota di 26 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Fathur mengatakan tidak adanya alat bantu tersebut karena kurangnya pemahaman dari petugas KPPS soal kegunaan alat bantu disabilitas netra.

“Penyebab lainnya, KPPS menganggap tidak ada pemilih disabilitas netra di TPS tersebut. Jumlah alat bantu disabilitas netra untuk DPD yang lebih banyak tidak ditemukan disebabkan alat bantu tersebut pertama kali disediakan pada Pemilu ini,” ujarnya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa terdapat 362 TPS pemilih yang dilakukan pendampingan tidak menandatangani formulir pendampingan pemilih. Proses pendampingan pemilih dilakukan persetujuan KPPS dan saksi dengan tidak menandatangani formulir pendampingan

“Pendamping pemilih berasal dari keluarga atau orang dekat dari pemilih tersebut. Berdasarkan indikator akses bagi penyandang disabilitas, terdapat 262 TPS yang kurang ramah bagi penyandang disabilitas saat pemungutan dan penghitungan suara,” ungkapnya.

“Indikator kurang akses tersebut yaitu pintu yang sempit, dikelilingi oleh parit, terdapat tangga menuju TPS, tidak ditemukan alat bantu bagi disabilitas netra, TPS ada di lantai 2, terdapat undakan yang tinggi, terdapat selokan di pintu masuk, TPS berada di atas panggung dan terdapat genangan karena banjir,” lanjut Fathur.

(bel/idn)

Cek Quick Count Pilpres Pileg 2024

Data tersedia dari 6 lembaga survey, hanya di detikpemilu.com

Lihat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *