Besok, Bawaslu Jakpus Klarifikasi Gibran soal Bagi-bagi Susu di CFD

Jakarta

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat akan memeriksa cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka pada 2 Januari 2024 mendatang. Pemeriksaan terkait dengan dugaan pelanggaran kampanye di kawasan car free day (CFD) yang membagikan susu.

“Ya, betul,” kata Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Dan Datin Bawaslu Jakarta Pusat, Dimas Triyanto Putro saat dikonfirmasi, Senin (1/1/2024). Dimas membenarkan ihwal agenda klarifikasi Gibran esok hari.

Pemeriksaan dilakukan di Kantor Bawaslu Jakarta Pusat pukul 13.00 WIB. Pemanggilan Gibran seiring dengan adanya fakta baru yang terungkap dalam pemeriksaan sejumlah pihak sebelumnya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ditemukan fakta baru sehingga diperlukan adanya klarifikasi,” jelasnya.

Berdasarkan ketentuan, Bawaslu memiliki waktu 14 hari dalam menangani pelanggaran sejak aduan teregistrasi. Sehingga, Bawaslu pun berencana menyampaikan hasil kajian pada 3 Januari mendatang.

“Bukan putusan tapi hasil dari kajian temuan , menurut batas waktu penanganan pelanggaran 14 hari kerja sejak di register jadi kemungkinan 3 Januari hasil dari kajian temuan akan diumumkan,” terangnya.

Sebelumnya, Bawaslu Jakarta Pusat batal memeriksa Gibran Rakabuming Raka terkait dugaan pelanggaran kampanye tersebut. Bawaslu menilai pendalaman yang dilakukan telah cukup.

Batalnya pemanggilan Gibran itu dikonfirmasi oleh Anggota Bawaslu RI Puadi. Laporan dugaan pelanggaran mengenai Gibran bagi-bagi susu di CFD ini diusut oleh Bawaslu Jakpus dan Bawaslu RI.

“Dalam hal yang sama terjadi dilakukan oleh Bawaslu Jakarta Pusat terhadap penelusuran. Ini karena memang pada posisi kasusnya sama, objeknya sama, sehingga tidak dilakukan untuk proses lebih lanjut berkaitan tentang pelanggaran tersebut. Jadi karena memang objeknya sama,” kata Anggota Bawaslu RI Puadi dalam jumpa pers di Kantor Bawaslu RI, Jakarta Pusat, Kamis (28/12/2023).

Sebagai informasi, Bawaslu Jakarta Pusat sejatinya menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gibran pada hari ini Kamis (28/12). Namun pemeriksaan itu dibatalkan, sebab Bawaslu Jakpus menilai klarifikasi yang dilakukan telah cukup.

Sejauh ini, Bawaslu telah mengklarifikasi sejumlah pihak. Selain pelapor, Bawaslu turut memeriksa sejumlah kader Partai Amanat Nasional (PAN) seperti Zita Anjani, Sigit Purnomo Said atau Pasha serta Surya Utama atau Uya Kuya.

(taa/imk)

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Lihat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *